Monday, March 13, 2006

Observatorium Bosscha

Wizards dan Witches,

Tahu peneropongan bintang Bosscha, kan?

Peneropongan bintang itu sangat terkenal, bahkan Profesor Sinistra memiliki teropong tersembunyi di sana (tentu saja para Muggle tidak tahu adanya lunaskop di sana). Kalau wizards dan witches sempat nonton Petualangan Sherina, itu, penyanyi cilik Muggle, pasti lihat peneropongan bintang ini jadi tempat shooting-nya.

Dulu saat masih jaman Belanda, ada aturan bahwa Muggle (maupun Penyihir) boleh membuat rumah di sekitarnya, asal tidak membuat lingkungannya menjadi terang. Jadi, nggak boleh pakai lampu terang-terang.

Kenapa? Karena Bosscha membutuhkan lingkungan gelap untuk memperoleh hasil yang baik, hingga bintang yang bisa dilihatpun jadi sangat banyak. Tetapi sekarang? Muggle banyak yang membangun tanpa mengindahkan peraturan itu.

Padahal, Bosscha itu adalah peneropongan bintang terbesar di wilayah selatan dunia. Bahkan ada bintang tertentu yang hanya bisa dilihat dengan baik dari selatan.

Dan sedihnya adalah, kawasan di sekitarnya itu bukan punya Bosscha, bukan punya Badan Meteorologi. Lihat artikelnya di sini dan di sini. Tanah di sekitarnya sudah dimiliki oleh perusahaan wisata. Dengan jumlah yang tidak sebanding.

Lha, kalau sudah jadi kawasan wisata, pasti terang benderang dong. Nggak gelap lagi. Nggak bisa dipakai neropong bintang lagi...

Pengeeen banget jadi trilyuner, beli kawasan di sekitarnya, trus dihibahkan ke Bosscha...

Ada Peruvian Instant Darkness Powder yang permanen nggak ya?

No comments: