Thursday, April 07, 2005

Basilisk

Haha! Basilisk adalah monster favorit kita, anak2. Tergantung dari siapa yg bercerita, basilisk adalah seekor ular berbisa, biawak yg berbahaya, naga raksasa, atau sesuatu yg bisa terbang berkepala dan berkaki ayam jantan serta berbadan ular. Seperti ular hijau raksasa yg dilawan Harry di Chamber of Secrets, basilisk selalu menakutkan dan mematikan, memiliki kemampuan membunuh hanya dengan pandangan mata.

Kita pertama mendengar tentang reptil ini dari Pliny the Elder, penulis cerita Latin dari abad pertama yg bukunya Natural History merefleksikan kepercayaan orang2 Romawi kuno tentang dunia natural. Menurut Pliny, basilisk adalah ular kecil tapi mematikan, tidak lebih dari 12 inci panjangnya dan habitatnya di Afrika Utara (hmmmm....kalo di Afrika Selatan ada green mamba dan black mamba yg ngejar2 Roald Dahl). Dikenal sebagai 'King of Serpents' karena di kepalanya terdapat tanda seperti mahkota (basiliskos berarti raja kecil dalam bahasa Yunani), seekor basilisk mengejar buruannya dengan cara berdiri tegak, bukan meliukkan badannya seperti ular. Basilisk tinggal di gurun pasir, bukan karena mereka memilih tinggal disana, tapi karena tanah apapun yg mereka tempati bakal berubah menjadi gurun pasir karena semburan napasnya yg panas. Racunnya sangat mematikan, bila seorang penunggang kuda berusaha menusuknya dengan tombak, racun dari tubuh basilisk itu akan segera naik melalui tombak, membunuh sang pengendara kuda dan kudanya sekalian.

Basilisk tidak tahan dengan bau musang atau kokokan ayam jantan. Untuk membunuh basilisk menggunakan musang, pertama basilisk tersebut harus dipancing dulu ke arah lubang musang dan menutup jalan keluar dan masuknya sehingga basilisk itu akan mati sesak napas karena bau musang. Membunuh basilisk dengan ayam jantan lebih mudah, karena menurut penulis Romawi Claudius Aelian, suara seekor ayam jantan dapat mengakibatkan kematian seekor basilisk (maka dari itu Tom Riddle membunuh ayam2 jantan di Hogwarts). Tapi mungkin cara terbaik untuk membunuhnya adalah dengan memegang cermin di depan basilisk sehingga ia melihat bayangannya sendiri! Kaya Moaning Myrtle yg malang..... (Kalo Moaning Tya Weasley gimana yah? Hehe)

Saduran bebas dari The Sorcerer’s Companion by Allan Zola Kronzek & Elizabeth Kronzek

No comments: