Thursday, April 07, 2005

Centaur

Tidak seperti filosofis Centaur yangmenjelajahi Forbidden Forest, Centaur yang asli darimitologi Yunani lebih kasar. Tinggal dalam kawanan diGunung-gunung di Yunani utara, mereka mengejar gayahidup yang liar dan bebas. Setengah manusia dansetengah kuda, para Centaur memang indah untukdilihat, tetapi mereka selalu siap untuk minum,berperang, dan menggoda wanita biasa. Dahulu pernahpara Centaur diundang untuk menghadiri pestaperkawinan tetangga mereka, Raja Pirithous dariLaipithae, para Centaur yang mabuk menyerang tamu-tamuwanita, berusaha melarikan pengantin wanitanya, danmemulai perang berdarah dengan tuan rumah danpendukungnya- yang kemudian kalah, pada musuh yangtinggal disekitarnya.

Seperti dalam keluarga besar lainnya, adabeberapa Centaur yang memberontak melawan kehidupanliar keluarganya, lebih memilih kehidupan yang baikdan perenungan yang terpelajar. Yang paling terkenaladalah Chiron, yang hidup untuk mengajar dan mendidikanak-anak muda yang ditakdirkan untuk kebesaran,seperti Hercules, Achilles (Pahlawan dari perangTrojan), Jason (Kapten Argo), dan Asclepius, dewa kesembuhan. Terkenal akan kebijakannya dan rasakeadilan, Chiron mempunyai kelebihan dalamobat-obatan, berburu, herbology, dan navigasi angkasa.Dia juga mempelajari astrology dan divination.Berdasarkan kemampuan dari Ronan, Bane, dan Firenzemembaca masa depan di langit, sepertinya para Centaurpunya sifat yang menurun dari keluarga Chiron.

Mitos-mitos mengatakan bahwa Chiron mungkin telahpergi untuk mengajari pahlawan-pahlawan muda, karenadia dilahirkan untuk hidup abadi. Tetapi dia memilihuntuk meninggalkan keabadiannya setelah dia secara taksengaja terluka oleh panah beracun milik kawannyaHercules. Saat lukanya semakin tak tertahankan, diamemohon pada Zeus untuk memperbolehkannya mati. Zeusmengabulkan keinginannya tapi meskipun membuatnyatidak abadi tidak membuat dirinya diletakkan di langitsebagai konstelasi Centaurus.

Saduran bebas dari The Sorcerer’s Companion by Allan Zola Kronzek & Elizabeth Kronzek

No comments: